PEMANFAATAN DATA SATELIT PENGINDRAAN JAUH UNTUK MENDUKUNG PERENCANAAN DAERAH PROVINSI JAMBI

Diposkan oleh : administrator | Pada tanggal : 22-March-2017 | 14:15


Untuk mendukung pembangunan Provinsi Jambi Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) kali ini berkerja sama dengan Bappeda Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan sosialisasi dan lokakarya pada tanggal 7 s/d 8 maret 2017 bertempat diruang mayang Bappeda Provinsi Jambi, acara ini di buka oleh Asisten II Bidang Kesejahteraan Sosial,  mewakili Gubernur Jambi sekaligus membuka secara resmi acara sosialisasi tersebut.

Acara Sosialisasi diikuti oleh beberapa OPD tehnis di Provinsi Jambi dan Bappeda Kabupaten/Kota, sebagai Nara sumber dalam acara tersebut adalah Ibu Deputi Bidang Pengindraan Jarak Jauh, dalam penyampaiananya dijelaskan manfaat pengindraan  Jarak jauh dalam proses perencanaan di daerah.

Secara Nomenklatur telah ada Undang-Undang Nomor 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan, untuk itu  perlu di lakukan sosialisasi kepada Pemerintah Daerah tentang manfaat dan  kegunaan  data  pengindraan jauh yang diintegrasikan dengan  berbagai aplikasi sehingga dapat memberikan manfaat yang luas bagi Perencanaan Pembangunan Daerah khusus nya di Provinsi Jambi ini.

Pada acara tersebut telah dilakukan kerja sama antara LAPAN dan Bappeda Provinsi Jambi dalam memberikan bimbingan teknis pengenalan data dan pengolahan data satelit pengindraan jarak jauh ini. Hal ini tentunya guna mendukung ketersediaan data yang akurat dan dapat dipetanggung jawabkan, agar dapat dipergunakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan agar tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Provinsi Jambi.

 




Copyright 2017 - 2018 © Bappeda Provinsi Jambi.all right reserved