MUSRENBANG RKPD PROVINSI JAMBI TAHUN 2018 Peningkatan Kualitas Pembangunan Infrastruktur dan Pelayanan Dasar Dalam Rangka Percepatan Menuju JAMBI TUNTAS 2021

Diposkan oleh : administrator | Pada tanggal : 06-April-2017 | 23:49


Musrenbang RKPD Tahun 2018, yang dilaksanakan di Ratu Convention Center, Tanggal 5 april Tahun 2018,  diikuti lebih 700 orang peserta dengan mengundang unsur Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten/Kota, Unsur Legislatif DPR RI, DPD RI DPRD provinsi Jambi dan Pemangku kepentingan lainnya baik swasta maupun organisasi kemasyarakatan.

Adapun Tema Musrenbang RKPD Provinsi Jambi tahun 2018 adalah  “Peningkatan Kualitas Pembangunan Infrastruktur dan Pelayanan Dasar dalam rangka Percepatan Menuju Jambi TUNTAS 2021”.

Dalam sambutannya Gubernur jambi mengatakan, bahwa Isu yang diangkat sesuai dengan tema tersebut, adalah peningkatan infrastruktur guna mendukung pembangunan di semua sektor, terutama guna meningkatkan pelayanan dasar di Provinsi Jambi. Hal tersebut, telah tercantum dalam rancangan prioritas pembangunan Provinsi Jambi , yang telah disinkronkan dengan rancangan prioritas nasional, yaitu; Pertama, Tata Kelola Pemerintahan, ketenteraman dan Ketertiban Umum; Kedua, Pendidikan; Ketiga, Kesehatan; Keempat; Pembangunan Ekonomi; Kelima, Pengembangan Wilayah, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup; Keenam, Ketahanan Pangan serta, Ketujuh, Penanggulangan Kemiskinan.

Selanjutnya. beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dari Pemerintah Pusat, antara lain pelimpahan kewenangan sebagai akibat pembagian urusan Pemerintahan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/ Kota berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah diantaranya; Pertama, urusan Pengelolaan pendidikan

menengah dan pendidikan khusus yang telah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, yang sangat mempengaruhi struktur APBD kami. Oleh karena itu, kami mohon kepada Pemerintah pusat, agar pelimpahan kewenangan ini juga diikuti dengan penguatan anggaran, atau mengikuti prinsip money follow program. Begitu pula halnya dengan pembagian urusan bidang kehutanan, energi dan sumberdaya mineral serta urusan lainnya, seyogya-nya juga disertai dengan penambahan anggaran, sehingga daerah tidak mengalami kesulitan dalam pembiayaan pembangunan daerah. Kedua, Infrastruktur wilayah khususnya jalan dan jembatan serta pelabuhan laut dan udara, merupakan hal pokok, yang perlu mendapat perhatian. Transportasi tulang punggung perekonomian daerah yang sangat dipengaruhi oleh integrasi dan keterpaduan jaringan. Pemerintah Provinsi Jambi, terus berupaya untuk memenuhi dan melengkapi sarana dan prasarana transportasi ini, agar distribusi barang dan jasa serta orang dapat berjalan dengan lancar, cepat dan berkualitas, sehingga pembangunan di daerah akan berjalan dengan lancar. Ketiga, Provinsi Jambi telah ditargetkan oleh Pemerintah pusat, agar ekonominya bertumbuh pada kisaran 6,29 – 6,66 persen. Tentunya target ini akan mampu kita wujudkan manakala sektor pertanian, pertambangan, industri pengolahan dan perdagangannya berjalan sebagaimana yang kita harapkan. Oleh karena itu, kami berharap dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk sektor-sektor tersebut dapat lebih ditingkatkan lagi. Perlu kami informasikan, bahwa Pemerintah Provinsi Jambi saat ini sedang menggalakkan hilirisasi produk unggulan daerah, agar nilai tambah dari produk ini dapat dinikmati oleh masyarakat, yang pada gilirannya tentu akan mampu meningkatkan kinerja ekonomi Provinsi Jambi. Keempat, beberapa waktu yang lalu,Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Provinsi Jambi, terjadi insiden yang tidak kita inginkan. Kondisi hunian lembaga pemasyarakatan tersebut sudah tidak layak jika dilihat perbandingan antara daya tampung dengan jumlah warga binaan. Namun demikian, karena kewenanganpengelolaanya berada pada Pemerintah Pusat, tentunya kami mohonkan juga agar lebih diperhatikan lagi sarana dan prasarana serta kondisi bangunan lembaga pemasyarakatan dimaksud, dan jika memungkinkan dilakukan re-alokasi pembangunan baru, dengan pertimbangan lokasi yang ada sekarang berada di tengah Kota.




Copyright 2017 - 2017 © Bappeda Provinsi Jambi.all right reserved