PENANDATANGAN MOU ANTARA BPS DENGAN OPD DAN INSTANSI VERTIKAL TENTANG KERJASAMA FORUM DATA DAN INFORAMSI PEMBANGUNAN DAERAH TAHUN 2017

Diposkan oleh : user | Pada tanggal : 30-May-2017 | 19:40


Pada Hari Senin  Tanggal 29 Mei  2017,  Telah  dilaksanakan  PENANDATANGAN   MOU  ANTARA BPS   DENGAN  OPD DAN INSTANSI  VERTIKAL TENTANG KERJASAMA  FORUM DATA  DAN INFORAMSI PEMBANGUNAN  DAERAH  TAHUN  2017

Dalam  Sambutannya Sekretaris Daerah  Provinsi Jambi, yang diwakilkan kepada  Asisten II Setda Provinsi menyampaikan bahwa   Forum data dan informasi merupakan wadah koordinasi data dan informasi yang amat strategis dalam rangka untuk merumuskan kegiatan perstatistikan yang berkesinambungan dan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan publik, baik Pemerintah Daerah, Akademisi, maupun masyarakat secara umum dalam rangka perencanaan dan evaluasi kinerjanya masing-masing.

Statistik menjadi sangat penting dalam Pembangunan Daerah menuju JAMBI TUNTAS 2021, yang siap menghadapi globalisasi (TANGGUH); mewujudkan kualitas sumber daya manusia dan daya saing daerah (UNGGUL); mewujudkan Provinsi Jambi sebagai daerah yang nyaman untuk berinvestasi dari dalam maupun luar negeri (NYAMAN); mewujudkan pemerataan dan tata pengelolaan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel (TERTIB); mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat pembangunan sesuai dengan pengembangan potensi daerah (ADIL); mewujudkan kesejahteraan sosial dan ekonomi rakyat (SEJAHTERA); manakala data statistik yang dikumpulkan adalah data yang berkualitas: obyektif, representatif, tingkat kesalahan baku kecil, relevan, dan up to date.

Untuk diketahui bahwa saat ini penyediaan data untuk perencanaan pembangunan daerah masih menghadapi berbagai permasalahan, antara lain data tersebar di instansi sektoral, kualitas data belum terjamin, ada kesenjangan data antara yang dibutuhkan dengan yang tersedia, serta adanya perubahan alur data sektoral sejak berlakunya otonomi daerah. Khusus mengenai perubahan alur data sektoral telah mengakibatkan data sektoral di tingkat Provinsi dan Nasional tidak lagi tersedia secara lengkap.

Membahas permasalahan-permasalahan tersebut, sampai saat ini belum terdapat suatu wadah atau forum yang cukup memadai di daerah. Meskipun di beberapa provinsi dan kabupaten/kota sudah ada forum sejenis ini, namun masih bersifat terbatas pada beberapa sektor yang menangani program tertentu bukan bersifat forum lintas sektor. Sementara, forum yang diharapkan dibentuk adalah forum komunikasi yang membahas berbagai isu pembangunan dan sekaligus merupakan media tukar-menukar data dan informasi dari berbagai pihak.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibentuklah suatu wadah komunikasi yang diharapkan dapat mencari solusi yang optimal dalam memenuhi kebutuhan data yang lebih berkualitas untuk dimanfaatkan sebagai bahan dalam perencanaan pembangunan daerah yang terukur dan komprehensif. Secara ideal cakupan dan keanggotaan wadah ini diharapkan lebih luas serta legalitasnya lebih kuat dibanding wadah atau forum yang telah dibentuk dan berjalan dibeberapa provinsi maupun kabupaten/kota selama ini. Wadah tersebut merupakan sebuah Forum Data dan Informasi Pembangunan Daerah Provinsi Jambi.Sesuai tahapan agenda pelaksanaan Forum Data dan Informasi Pembangunan Daerah Provinsi Jambi, acara pada hari  ini  menindaklanjuti  Nota Kesepahaman  antara  Pemerintah Provinsi  Jambi dengan  Badan  Pusat  Statistik Provinsi Jambi Nomor :  B.225/BPS/15000/03/2017 tentang  Kerjasama  Pembentukan   Forum data dan  Informasi   Pembangunan Daerah  Provinsi Jambi.

Pelaksanakan Penanda tanganan  MoU  (Memorandum Of Understanding)  sebagai langkah awal  untuk  kelanjutan  Pelaksanaan  Forum Data di Provinsi Jambi, diharapkan tindaklanjut Penyusunan data sektoral  dapat dilaksanakan dengan  lebih  berkualitas  dan lebih dapat  mendukung pembangunan  Provinsi Jambi, selanjutnya data yang sudah dicek  validasinya  dapat  menjadi  infromasi  yang dapat diinput secara  berkesimbungan  dalam  aplikasi  Program   yang sedang dibangun oleh  BPS Provinsi  Jambi.

 




Copyright 2017 - 2017 © Bappeda Provinsi Jambi.all right reserved