LAUNCHING APLIKASI DATA STATISTIK JAMBI BERBASIS ANDROID

Diposkan oleh : user | Pada tanggal : 21-June-2017 | 15:35


Pada Hari Senin  Tanggal 19 Juni  2017, Telah  dilaksanakan LAUNCHING  APLIKASI DATA  STATISTIK JAMBI  BERBASIS  ANDROID dirumah Dinas Gubernur Jambi, yang dihadiri oleh Kepala BPS Pusat, Para Bupati dan Walikota, OPD  Provinsi, Kepala Bappeda/BPS  Kabupaten dan Kota.

 

Dalam Sambutannya Gubernur Jambi menyampaikan bahwa  Aplikasi Data Statistik Jambi adalah sebuah Sistem aplikasi layanan informasi data statistik yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi up to date, yang dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Data/informasi yang disediakan dalam sistem tersebut merupakan data statistik dasar yang bersumber dari BPS serta statistik sekunder dari seluruh instansi Pemerintah baik pusat maupun daerah. Tidak menutup kemungkinan, ke depan akan dilengkapi oleh data khusus yang dikumpulkan oleh institusi/lembaga yang lain, sehingga akan menjadi aplikasi yang lebih berdaya guna bagi masyarakat.

 

Disamping itu, Bapak Presiden RI juga  sudah menggaungkan perlunya ketersediaan SATU DATA yang dapat digunakan oleh semua Stakeholder, terutama untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan. Aplikasi Statistik Jambi diharapkan dapat menjadi wadah yang mendukung upaya SATU DATA di Provinsi Jambi. Perwujudan SATU DATA di Provinsi Jambi sudah difasilitasi dengan terbentuknya Forum Data dan Informasi Pembangunan Daerah serta ketersediaan Aplikasi Statistik Jambi. Dengan demikian, Pembangunan daerah menuju JAMBI TUNTAS 2021 akan semakin mudah dicapai  :

1.  Pada masa datang, statistik akan banyak mengandalkan produk administrasi yang TERTIB sehingga pengelolaan administrasi pemerintahan tidak lagi dapat dianggap remeh dalam mewujudkan penyediaan statistik sektoral.

  1. Sumber Daya  Manusia di Provinsi Jambi akan menjadi UNGGUL dengan perencanaan pembangunan yang berdasarkan data statistik.
  2. Data sektoral, terutama mengenai potensi wilayah akan mewujudkan Provinsi Jambi sebagai daerah NYAMAN bagi iklim investasi dalam maupun luar negeri.
  3. Data statistik yang berkualitas akan membuat Jambi TANGGUH dalam menghadapi persaingan, baik di dalam maupun luar negeri
  4. Pembangunan ekonomi masyarakat akan lebih ADIL dan terukur dalam data statistik.
  5. Pada akhirnya, semua itu akan mewujudkan masyarakat yang lebih SEJAHTERA dari segi Ekonomi dan Sosial.

 

Jambi TUNTAS  tersebut  akan berjalan mulus dan terarah dengan penyediaan data statistik yang berkualitas, yaitu obyektif, representatif, tingkat kesalahan baku kecil, tepat waktu dan relevan. Evaluasi terhadap pembangunan Provinsi Jambi yang direpresentasikan oleh data statistik yang tersedia dalam Aplikasi Statistik Jambi sangat menggembirakan.

Dapat diinformasikan, Inflasi bulan Mei 2017 tercatat 0,31 persen, lebih rendah dibanding inflasi Mei 2016 yang mencapai 0,89 persen. Pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2017 mencapai 4,27 persen (year on year), lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2016 yang hanya sebesar 3,53 persen.

Sejalan dengan membaiknya perekonomian, Tingkat pengangguran juga semakin berkurang, yakni dari 4,66 persen pada Februari 2016 menjadi 3,67 persen pada Februari 2017. Penduduk miskin pada bulan September 2016 tercatat sebesar 8,37 persen, lebih rendah dibandingkan kondisi pada bulan yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 9,12 persen.

Indeks Pembangunan Manusia mengalami peningkatan dari 68,89  pada tahun 2015 menjadi 69,62 pada tahun 2016. Ketimpangan pendapatan masyarakat yang digambarkan dengan Gini Rasio juga mengalami penurunan, dari 0,361 pada 2015 menjadi 0,349 pada 2016.

Perkembangan Indikator-indikator penting tersebut dapat langsung dilihat secara up to date dalam Aplikasi Statistik Jambi.

 

Ketersediaan Perangkat Aplikasi Statistik Jambi tidak akan lebih efektif apabila suplier data tidak aktif berpartisipasi dalam menginput data sektoral yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing. Pemerintah Provinsi Jambi melalui Bappeda  dan didukung oleh BPS sudah memfasilitasi pembentukan Forum Data dan Informasi Pembangunan Daerah. Manfaatkanlah forum tersebut untuk menghasilkan output data dan informasi yang berkualitas dan berkesinambungan dalam mewujudkan JAMBI TUNTAS 2021.

 

Ke depan, Aplikasi Statistik Jambi diharapkan dapat diimplementasikan sampai pada level Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, sehingga ketersediaan data statistik yang up to date tidak hanya di Provinsi Jambi namun juga sampai ke tingkat Kabupaten/Kota.




Copyright 2017 - 2017 © Bappeda Provinsi Jambi.all right reserved