INFO
--> MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN PROVINSI JAMBI (MUSRENBANG) RKPD PROVINSI JAMBI 2020 DI MUARA BUNGO 28 MARET 2019 <--

testing

testing

GPR WIDGET

Bappeda Soft Lounching e-Office “SIBUK BANGAT”

Diposkan oleh : administrator | Pada tanggal : 07-October-2019 | 15:57


JAMBI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jambi menggelar acara Soft Lounching e-Office “SIBUK BANGAT”. SIBUK: Sistem Informasi BUat Kita BANGAT: BAntu keGiatan surAT menyurat. Acara berlangsung di Aula Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Selasa, 1 Oktober 2019

Kepala Bappeda Provinsi Jambi Dr. Doni Iskandar, MT dalam sambutannya menyatakan Undang Undang Nomor 14 TAHUN 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik mendefinisikan informasi publik sebagai informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/ atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang ini serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

“Informasi Publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap Pengguna Informasi Publik dikecualikan bersifat rahasia sesuai dengan Undang-Undang, kepatutan, dan kepentingan umum didasarkan pada pengujian tentang konsekuensi yang timbul apabila suatu informasi diberikan kepada masyarakat serta setelah dipertimbangkan dengan saksama bahwa menutup Informasi Publik dapat melindungi kepentingan yang lebih besar dari pada membukanya atau sebaliknya”, kata Dr. Doni Iskandar, MT.

Peserta acara Soft Lounching e-Office “SIBUK BANGAT” di Aula Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Selasa, 1 Oktober 2019

e-goverment sebagai sebuah makro konsep yang diharapkan mampu mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Langkah strategis diambil dengan penerapan aplikasi e-office lingkup Bappeda Provinsi Jambi bekerja sama dengan Satu Kunci sebagai salah satu badan usaha yang bergerak dibidang pemograman komputer dan Web developer yang diberi nama aplikasi “SIBUK BANGAT”.

Dikatakan Dr. Doni, terdapat 3 modul utama dalam e-office Bappeda “SIBUK BANGAT” yaitu e-Surat Menyurat, e-Managemen Asset dan e-Indek Kepuasan Masyarakat dengan fitur fitur pelengkap mendukung pencapaian prinsip efektif dan efisien penyelenggaraan pelayanan publik.

“Dengan diterapkannya aplikasi SIBUK BANGAT ini, kendala ruang dan waktu yang menjadi salah satu bottle neck dalam penyelenggaran administrasi dan pelayanan dipemerintahan dapat diminimalisir. Salah satu fitur yang ditonjolkan dari aplikasi ini adalah telah di integrasikannya konsep digital signatur/tanda tangan digital sesuai dengan standar dan spesifikasi yang dikeluarkan oleh BSrE (Badan Sertifikasi Elektronik)”. katanya.

Selanjutnya akan diupayakan pengintegrasian konsep kinerja berbasis sistem informasi dengan mengaplikasikan e-kinerja sebagai sistem informasi kinerja Aparatur Sipil Negara Bappeda Provinsi Jambi. Diharapkan semua aktivitas pelayanan dapat diterjemahkan ke dalam sebuah sistem sehingga penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel dapat diwujudkan.

 

sumber : jambiekspres.co.id




Copyright 2019 - 2022 © Bappeda Provinsi Jambi.all right reserved