INFO
--> MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN PROVINSI JAMBI (MUSRENBANG) RKPD PROVINSI JAMBI 2020 DI MUARA BUNGO 28 MARET 2019 <--

testing

testing

GPR WIDGET

Bappeda me-launching“SuPEK” (Sistemuntuk Pelaporan, Evaluasi dan Kinerja)

Diposkan oleh : administrator | Pada tanggal : 18-December-2019 | 15:47


Dalam siklus perencanaan pembangunan, selain tahapan perencanaan juga terdapat tahapan pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi. Pengendalian dan evaluasi diperlukan untuk mengetahui kekurangan dan kelemahan dalam penyelenggaraan pelayanan dan program/ kegiatan. Pengendalian dan evaluasi akan menghasilkan informasi mengenai kemajuan dan kualitas pelaksanaan pelayanan dan program/ kegiatan; mengidentifikasi masalah dan potensi masalah dalam pelaksanaan pelayanan dan program; memberikan penilaian terhadap keberhasilan pelayanan dan program baik dari segi keluaran, hasil, manfaat maupun dampaknya; dan menjelaskan keberhasilan, kekurangan atau kegagalan pelayanan dan program.Pelaporan merupakan bagian dari tahapan pengendalian pada saat pelaksanaan rencana dan sebagai bahan evaluasi pelaksanaan rencana. Melalui kegiatan pelaporan akan diketahui progress pelaksanaan kegiatan dan laporan tersebut dapat menjadi alat deteksi dini bila ditemukan kendala dalam pelaksanaan rencana sehingga permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara cepat dan tidak berlarut – larut.

            Pengendalian dan evaluasi merupakan satu kesatuan dari sistem perencanaan pembangunan daerah untuk menjamin konsistensi pelaksanaan dan menilai capaian kinerja rencana pembangunan daerah. Hal ini sesuai dengan maksud Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerahserta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

            Sehubungan dengan hal itu, dalam rangka mengefisienkan pelaksanaan pengendalian, evaluasi dan pelaporan rencana pembangunan, Bappeda Provinsi Jambisebagai koordinator bidang perencanaan Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2019 ini telah membangun aplikasi yang terintegrasi satu sama lain dengan nama “SuPEK”. Aplikasi ini terintegrasi pula dengan aplikasi e-planning yang terlebih dahulu telah digunakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi.“SuPEK” diambil dari Bahasa Jambi “Supek/Supik” yang merupakan sapaan bagi anak perempuan dan merupakan akronim dari “Sistem untuk Pelaporan, Evaluasi dan Kinerja”.Sistem ini telah di-launching pada tanggal 9 Desember 2019 yang lalu oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik serta dihadiri oleh seluruh Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Jambi. Acara launching inimenandai dimulainya pemakaian sistem aplikasi, sehingga setelah di-launching, Bappeda langsung menindaklanjuti dengan pelatihan dan penginputan data pada sistem aplikasi. Sampai dengan berita ini diturunkan pelatihan dan penginputan masih berlangsung di Ruang Mayang Mangurai, Bappeda Provinsi Jambi.

            Adapun aplikasi-aplikasi yang terdapat dalam sistem ini adalah e-ROPK, e-monev, e-evaluasi, e-LKPJ, e-SAKIP dan e-Report. e-ROPK merupakan aplikasi untuk membuat rencana operasional pelaksanaan kegiatan, dimana Pengguna Anggaran harus menyusun rencana operasional beserta target pelaksanaan kegiatan per-minggu baik keuangan maupun fisik. Data pada e-ROPK ini selanjutnya terintegrasi dengan e-monev yang harus dilaporkan oleh seluruh Perangkat Daerah setiap bulan sehingga terpantau kesesuaian progres pelaksanaaan rencana perbulan baik keuangan maupun fisiknya.

            e-evaluasi merupakan aplikasi yang membantu dalam pelaksanaan evaluasi Renja, evaluasi RKPD dan evaluasi RPJMD yang harus dilaporkan setiap triwulan. Aplikasi ini terintegrasi dengan e-planning yang memuat Renja dan RKPD serta terintegrasi dengan e-monev yang memantau progres keuangan dan fisik serta e-SAKIP yang merupakan aplikasi dalam pelaksanaan pengendalian dan evaluasi terhadap kinerja, sehingga diketahui progres keuangan dan kinerja dibandingkan dengan rencana tahunan maupun rencana jangka menengah. Aplikasi e-SAKIP sendiri memuat perjanjian kinerja, cascading dari Gubernur sampai esselon IV, serta rencana aksi dalam rangka pencapaian kinerja yang progresnya harus dilaporkan per-triwulan. Capaian kinerja dan tingkat kepatuhan terhadap pelaporan merupakan salah satu kriteria dalam penilaian pada e-report. Aplikasi e-report akan menjadi rapor bagi seluruh perangkat daerah, yang akan diberikan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah setiap triwulan.

            Aplikasi lainnya adalah e-LKPJ, dimana melalui aplikasi ini penyusunan LKPJ Gubernur akan lebih efektif dan efisien. Perangkat Daerah diminta menginput langsung hal-hal yang harus dilaporkan dalam LKPJ sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Input yang disampaikan oleh Perangkat Daerah akan diverifikasi oleh Bappeda, dan perbaikan-perbaikan dapat langsung dilakukan melalui aplikasi tersebut. Ke-efektif-an aplikasi ini adalah pengurangan interaksi langsung oleh Bappeda dan Perangkat Daerah yang seringkali menghabiskan waktu, terutama bagi perangkat Daerah yang kantor-nya cukup jauh sehingga waktu penyusunan LKPJ akan lebih cepat, sedangkan efisiensi terutama pada pengurangan penggunaan kertas (paperless).

            Penggunaan seluruh aplikasi dalam “SuPEK’ ini tentu saja membutuhkan penyesuaian cepat dari seluruh Perangkat Daerah. Namun Bappeda Provinsi Jambi optimis hal itu dapat dilakukan, mengingat seluruh aplikasi telah dibuat “ramah pengguna” atau mudah dipahami dan digunakan. Semoga harapan bahwa sistem aplikasi ini dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan akhir yaitu terwujudnya tata kelola pemerintahan daerah yang bersih, transparan, akuntabel dan partisipatif dengan pelayanan publik berkualitas sebagaimana dimaksud dalam misi pertama RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2016-2021 dalam rangka mencapai Visi Jambi TUNTAS Tahun 2021        dapat terwujud. Bukankah rencana yang baik merupakan separuh dari keberhasilan? Tentu saja semua itu membutuhkan dukungan dan kerja keras kita semua untuk memenuhi separuhnya lagi. (NP)




Copyright 2020 - 2022 © Bappeda Provinsi Jambi.all right reserved