Denah Lokasi



TUGAS POKOK DAN FUNGSI BAPPEDA PROVINSI JAMBI


Tugas Pokok dan Fungsi Bappeda Provinsi Jambi

1. Berdasarkan Perda Provinsi Jambi Nomor 57 Tahun 2016

Bappeda Provinsi Jambi yang dibentuk berdasarkan Perda No. 57 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja mempunyai tugas pokok yaitu :

Melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah

Untuk menjalankan tugas pokok tersebut, Bappeda Provinsi Jambi mempunyai fungsi :

a)      Perumusan kebijakan teknis perencanan pembangunan daerah;

b)      Pengkoordinasian penyusunan perencanaan pembangunan daerah;

c)       Pembinaan pelaksanaan tugas bidang perencanaan pembandunan daerah;

d)      Pelaksanaa pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah; dan

e)      Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

2. Berdasarkan UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional

Tugas dan Fungsi Bappeda sesuai dengan Undang-undang No. 25 tahun 2004 pada pasal 1 ayat 23 menyebutkan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi perencanaan pembangunan di Daerah Provinsi, Kabupaten, atau Kota adalah Kepala Badan Perencanaan pembangunan Daerah yang selanjutnya disebut Kepala Bappeda.

Kedudukan Bappeda pada Undang-undang No. 25 tahun 2004 pada pasal 32 ayat 4 dan pasal 33 ayat 1, 2, dan 4, menyebutkan bahwa Gubernur selaku wakil Pemerintah Pusat di daerah mengkoordinasikan pelaksanaan perencanaan tugas-tugas dekonsentrasi dan tugas pembantuan. Gubernur juga menyelenggarakan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergi perencanaan pembangunan antar kabupaten/kota dan selanjutnya bertanggung jawab untuk menyelenggarakan perencanaan pembangunan di daerahnya. Dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan daerah, Kepala daerah dibantu oleh Kepala Bappeda. 

Bappeda sebagai instansi yang bertanggung jawab terhadap perencanaan pembangunan daerah, maka Kepala Bappeda mempunyai tugas antara lain:

a)      Menyiapkan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah.

b)      Menyelenggarakan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, dan dilaksanakan paling lambat 1 (satu) tahun sebelum berakhirnya periode RPJP yang sedang berjalan.

c)       Menyusun rancangan akhir RPJP Daerah berdasarkan hasil Musrenbang Jangka Panjang daerah, dan RPJP Daerah tersebut ditetapkan dengan Peraturan Daerah

d)      Menyiapkan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah, sebagai penjabaran visi, misi dan program Kepala Daerah ke dalam strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, program prioritas, dan arah kebijakan keuangan daerah.

e)      Menyusun Rancangan RPJM Daerah dengan menggunakan rancangan Renstra-SKPD dengan berpedoman pada RPJP Daerah.

f)       Menyelenggarakan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah, yang dilaksanakan paling lambat 2 (dua) bulan setelah Kepala Daerah dilantik.

g)      Menyusun rancangan akhir RPJM Daerah berdasarkan hasil Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah. RPJM Daerah ditetapkan dengan Peraturan Kepala Daerah paling lambat 3 (tiga) bulan setelah Kepala Daerah dilantik.

h)      Menyiapkan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai penjabaran dari RPJM Daerah.

i)        Mengkoordinasikan penyusunan rancangan RKPD dengan menggunakan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja-SKPD)

j)        Menyelenggarakan Musrenbang penyusunan RKPD, yang dilaksanakan paling lambat bulan Maret

k)      Menyusun rancangan akhir RKPD berdasarkan hasil Musrenbang untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan APBD dan ditetapkan berdasarkan peraturan Kepala Daerah

l)        Menghimpun dan menganalisis hasil pemantauan pelaksanaan rencana pembangunan dari masing-masing pimpinan/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan kewenangannya.

m)    Menyusun evaluasi rencana pembangunan berdasarkan hasil evaluasi pimpinan/lembaga dan evaluasi Satuan Kerja Perangkat Daerah.

 

 



Copyright 2017 - 2017 © Bappeda Provinsi Jambi.all right reserved